Saturday, December 17, 2011

Penampilan Diri Itu Penting

        Pada hari Jum'at tanggal 16 Desember mahasiswa Sistem Informasi ITS yang mengikuti mata kuliah ketrampilan interpersonal kembali mengikuti kuliah tamu. Kuliah tamu kali ini hanya diikuti sebagian kecil oleh mahasiswa mungkin karena banyak mahasiswa yang pulang kampung. Mahasiswa yang datang berpenampilan tidak biasa karena memakai pakaian office look. Para peserta terlihat memakai kemeja lengan panjang, celana bahan, serta sepatu pantofel layaknya orang kantoran. Bahkan ada peserta yang memakai jas saking semangatnya dalam mengikuti acara kuliah tamu ini.
  
 
        Kuliah Tamu tersebut membahas tentang pencitraan diri dan dibawakan oleh seorang pakar yang bernama Aurellia Agatha atau lebih dikenal sebagai miss Agatha. Miss Agatha adalah seorang trainer dari John Robert Powers dan menurut saya beliau adalah orang yang ahli di bidang pencitraan diri. Di dalam kuliah tamu ini kami pertama kami diajari tentang cara cara merawat diri yang benar. Kita juga diajari bagaimana cara duduk, cara berjalan, dan cara berpakaian yang baik. Dengan melihat cara duduk, berjalan, dan berpakaian yang baik orang lain bisa berpendapat bahwa kita memiliki kepribadian yang baik sehingga kita memiliki nilai plus dimata orang tersebut. 

        Menurut miss Agatha, meskipun ada pepatah "don't judge book by its cover" tetap saja penampilan luar dari kitalah yang paling pertama kali dilihat dan bisa digunakan untuk melihat bagaimana kepribadian kita. Di dalam perekrutan karyawan juga pasti akan dilihat bagaimana penampilan kita. Jika seseorang memiliki penampilan yang baik maka ia bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan. Tapi kita juga jangan gunakan penampilan luar saja sebagai kelebihan dari kita gunakan juga apa yang ada dalam diri kita seperti kepintaran serta perilaku yang baik. Kembangkanlah keduanya maka niscaya kita akan menjadi orang yang sukses.

Sumber gambar: 123rf.com

No comments:

Post a Comment