Sunday, December 18, 2011

Merantau, Kenapa Tidak?

     Merantau, apa itu merantau? banyak orang yang sering mengucapkan serta melakukan kegiatan merantau ini. Merantau memiliki arti perginya seseorang dari tempat ia tumbuh besar ke tempat lain untuk mencari pekerjaan atau mengenyam pendidikan. Dibutuhkan suatu keberanian dan tekad yang kuat sebelum memutuskan untuk melakukan perantauan. Karena jika tidak, maka kita bisa terlantar di daerah perantauan dan mau pulang pun merasa malu karena tidak ada yang didapat di perantauan.
   
        Banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan sesorang jika ia mau dan berani melakukan perantauan. Jika merantau, seseorang bisa mengenal suatu daerah baru yang benar benar belum pernah ia ketahui. Ia bisa belajar bahasa baru, kebiasaan baru, dan menambah pengetahuan tentang daerah lain. Tentu pada awalnya ia harus belajar beradaptasi karena bukan lingkungan yang beradaptasi dengan kita tapi kitalah yang beradaptasi dengan lingkungan. Kita juga bisa menambah pengalaman hidup kita. Kita bisa mengambil sifat sifat baik dari teman baru yang kita temui di perantauan. Betapa serunya saling berbagi pengalaman dengan teman baru yang memiliki adat istiadat yang berbeda dengan kita. Teman baru kita tersebut juga mungkin bisa menjadi semacam jaringan bagi kita di masa mendatang. Jaringan sangatlah penting untuk mencari kerja dataupun dalam berbisnis. Akibatnya kita harus benar benar teliti dalam memilih teman yang kita temui. Karena jika tidak maka sifat jelek dari teman kita tersebut pasti akan menular ke dalam diri kita. 
     
            Pengalaman pengalaman yang tidak akan muncul kalau kita hanya tinggal di daerah asal kita sangatlah banyak. Hanya ada rutinitas yang begitu saja dan terjadilah kebosanan di dalam diri kita. Akibat kebosanan tersebut, pekerjaan yang kita lakukan pun tidaklah maksimal. Merantau juga bisa membantu mempercepat proses pendewasaan diri seseorang. Sesuai pepatah " Seseorang bisa saja bertambah umur tapi belum tentu orang itu dewasa" . Kita tidak akan bisa mendewasakan diri kita jika kita tidak melakukan sesuatu. Dewasa bukanlah umur yang bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Jika kita merantau, pasti kita akan jauh dari orang tua dan orang orang terdekat kita. Hal tersebut bisa menambah kedewasaan kita karena kita harus bisa bertahan hidup dengan uang hasil kiriman yang pas pasan. Kita bisa saja melakukan hal hal seenaknya kita selama di perantauan. Disinilah kedewasaan kita diuji dengan menahan hal hal tersebut.

             Begitulah manfaat dari merantau banyak sekali kan? nah makanya tidak usah takut untuk mencoba merantau. Pada awalnya memang sulit dari mulai niat dan pelaksanaannya. Tapi tidak usah cemas karena semuanya memang butuh proses. Dan setelah dilakukan berusahalah sungguh sungguh agar mendapat hasil di perantauan dan bisa membanggakan orang tua.  Niscaya anda akan mendapat manfaatnya. 
 
Sumber gambar: teamassignment.com           

No comments:

Post a Comment