Sunday, December 18, 2011

FC Barcelona Raih Juara Dunia

        Final piala dunia antarklub yang dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Desember 2011 kemarin menjadi malam perayaan bagi FC Barcelona setelah meraih gelar juara dunia. Pertandingan tersebut mempertemukan antara klub Spanyol juara Champions League Eropa yaitu FC Barcelona dengan klub Brazil pemenang Copa Libertadores yaitu Santos. Pada pertandingan tersebut yang dilaksanakan di stadion Internasional Yokohama di Jepang tersebut FC Barcelona bermain dengan sangat apik dan mampu mempecundangi Santos dengan skor telak 4-0. Gol dari Barcelona disumbang oleh dua gol messi, satu gol dari Xavi, dan satu gol dari Cesc Fabregas.
   
         Sejak awal pertandingan, Barcelona sudah mengambil inisiatif serangan dan tidak membiarkan para pemain Santos untuk keluar dari tekanan. Pada menit ke 12, kerjasama satu dua antara Messi dengan Xavi menembus pertahanan dari Santos dan diselesaikan Messi dengan tendangan chip indah yang tidak mampu dihalau kiper Santos. Unggul satu gol, Barcelona terus menyerang dan 12 menit kemudian gol kembali dicetak Barcelona. Kali ini lewat jenderal lapangan tengah Barcelona yaitu Xavi Hernandez. Gol diawali dengan penetrasi dari Daniel Alves ke kotak penalti Santos yang kemudian mengirimkan umpan ke tengah. Xavi yang berada posisi kosong langsung menyambar umpan dengan tendangan first time dan kembali menjebol gawang Santos.
  



          Santos benar benar terlihat dikurung oleh Barcelona pada pertandingan ini. Para pemain Santos terlihat frustasi karena tidak bisa merebut bola dari para pemain Barcelona. Pada menit akhir babak pertama, Barcelona kembali mencetak gol ke gawang Santos melalui kaki pemain anyar Barcelona yaitu Cesc Fabregas. Fabregas berhasil menuntaskan umpan backheel hasil kreasi dari Daniel Alves. Barcelona unggul 3-0 pada turun minum.

         Pada babak kedua, Santos mulai keluar dari tekanan. Santos yang mengandalkan pemain muda berbakat Neymar mulai membahayakan gawang dari Barcelona. Akan tetapi beberapa peluang dari Neymar masih bisa dihalau oleh kiper Barcelona Victor Valdes. Barcelona yang sudah unggul tiga gol terlihat tidak ngotot lagi dan terlihat menurunkan tempo pertandingan. Pada menit akhir pertandingan, Messi yang mendapat umpan matang dari Daniel Alves kembali mencetak gol setelah dengan gocekannya mampu mengecoh kiper Santos. Kedudukan 4-0 ini bertahan sampai pertandingan usai dan membuat FC Barcelona meraih juara pada ajang piala dunia antar klub. Pada ajang piala dunia antar klub ini, pemain Barcelona Lionel Messi kembali ditasbihkan menjadi pemain terbaik. Dan dengan raihan piala dunia antar klub ini bisa dikatakan bahwa Barcelona adalah tim terbaik dunia pada tahun 2011.
  

 

Sumber gambar: guardian.co.uk       

No comments:

Post a Comment