Monday, November 28, 2011

Siapa Saya ??

      Pada LKMM Pra Td FTif kemarin saya diberikan tugas membuat esai tentang siapa saya. Nah saya akan mengshare esainya di blog saya ini. Hitung hitung supaya para pembaca juga bisa lebih mengenal saya lebih dalam dari mulai sifat saya sampai kelebihan dan kekurangan saya.
      
    Saya mempunyai nama lengkap Dzikri Aulia Muhammad. Saat ini saya adalah seorang mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Saya lahir di kota Bandung pada tanggal 14 Desember 1993 dan sekarang saya berumur 17 tahun. Saya tinggal di Bandung sampai saya duduk di kelas empat sekolah dasar. Saat saya masuk kelas lima sekolah dasar saya pindah ke Jakarta karena ayah saya dipindahkan tempat kerjanya. Di dalam keluarga saya, saya sebagai anak sulung dan saya mempunyai 2 orang adik yang satu laki laki sekarang dia kelas satu SMP dan satu lagi perempuan sekarang dia kelas satu SD. Sebagai anak sulung, saya memiliki tanggung jawab yang lebih di dalam keluarga saya. Saya menjadi panutan bagi adik adik saya karena apapun yang saya lakukan biasanya menjadi contoh dan ditiru oleh adik adik saya. Saya juga sangat diharapkan oleh ayah saya untuk bisa sukses di masa mendatang sehingga bisa hidup mandiri dan membanggakan keluarga. Saya pun siap untuk mengemban tanggung jawab tersebut karena itulah kewajiban dan keinginan dari saya. 
 
      Pada awalnya saya ingin masuk ke ITB seperti ayah saya namun ternyata saya tidak lulus dalam seleksi masuknya. Saya sempat sedih karena tidak bisa masuk ITB dan memenuhi impian saya. Tapi saya yakin Allah telah memilihkan jalan yang lebih baik bagi saya. Saya pun mencoba coba seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh banyak perguruan tinggi. Ternyata saya diterima di ITS dan saya pun memutuskan untuk berkuliah di ITS. Saya memilih ITS selain karena memang salah satu PTN favorit saya juga ingin merantau dan belajar hidup mandiri disini. Di Surabaya saya jauh dari orangtua yang ada di Jakarta dan juga tidak ada saudara yang tinggal disini. Saya hanya bisa pulang ke kampung jika libur semester saja karena memang jauh dan ongkosnya cukup mahal. Saya mungkin akan butuh banyak adaptasi disini karena banyak hal baru yang saya lihat dan saya alami. Tapi sejauh ini saya cukup menikmati perubahan ini karena saya memang cukup mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Orang orang kadang melihat saya sebagai orang yang jaim dan pendiam karena memang saya beranggapan jangan jadi orang yang banyak omong tapi tidak ada yang dilakukan tapi lakukanlah tidak hanya ngomong saja istilahnya take action not talk only. Saya juga memang sedikit agak jaim dan menurut saya hal itulah yang harus saya hilangkan dari diri saya. Saya juga memiliki sifat jelek lain yaitu kurang percaya diri. Saya terkadang merasa malas dan takut untuk bisa berbicara di depan orang banyak. Saya menyadari bahwa hal ini tidak boleh dibiarkan dan saya pun ingin berubah supaya bisa lebih percaya diri.
  
    Di masa mahasiswa ini saya pun merasakan banyak kegiatan dan tugas yang mengharuskan berbicara di depan orang banyak sehingga saya harus terus berlatih. Sedikit demi sedikit di ITS ini saya merasakan semakin bisa berbicara di depan umum dan berinisiatif untuk aktif dalam suatu forum padahal sebelumnya saya terkadang malas untuk melakukan hal tersebut. Salah satu sifat terjelek dari saya adalah suka menunda nunda sesuatu sehingga hal yang harus saya lakukan menjadi menumpuk dan kadang terbengkalai. Terlebih lagi karena sekarang  saya jauh dari orangtua tidak ada lagi yang mengingatkan saya setiap waktu sehingga saya harus sadar apa saja yang harus saya lakukan dan langsung mengerjakannya tanpa menunda. Saya memiliki sifat yang bisa sedikit diandalkan yaitu disiplin. Dari saat kecil memang saya sudah diajarkan untuk berdisplin dalam segala hal dari mulai ibadah, pekerjaan, dan hal kecil lainnya. Saya juga selalu berusaha untuk bangun pagi setiap hari karena saya beranggapan bahwa sayang waktu yang cepat ini dihabiskan hanya dengan tidur saja karena masih banyak hal bermanfaat yang bisa saya lakukan. Saya sebenarnya orangnya tidak pendiam, jika saya sudah menikmati dan nyaman di suatu lingkungan saya bisa menjadi orang yang rame dan aktif. Gaya bicara saya yang ceplas ceplos kadang kadang memancing gelak tawa teman teman saya. Kadang juga saya menjadi pelopor dalam suatu kegiatan namun jeleknya saya merasa malas untuk menjadi pemimpin padahal sebenarnya saya ingin. Teman teman saya juga banyak mengatakan saya orangnya baik dan suka menolong. Jika ada teman yang meminta tolong saya mencoba untuk membantu karena saya pikir apa salahnya membantu karena suatu saat nanti juga saya akan menemui kesusahan dan siapa lagi yang akan menolong saya selain teman saya. Saya merasa bahwa saya belumlah cukup dewasa dan bertanggung jawab. Masih banyak kesalahan kesalahan kecil yang sering saya perbuat dan itu menumpuk sehingga menjadi sebuah kesalahan yang besar. 
  
    Di masa masa mahasiswa ini saya pikir adalah salah satu masa yang cukup penting dalam kehidupan. Karena di masa inilah kita bisa mengembangkan potensi diri kita dari mulai akademis sampai ke hubungan dengan orang lain. Dulu saya memang belum pernah ikut dalam suatu organisasi saya hanya pernah ikut dalam suatu kepanitiaan. Waktu itu saya masih merasa malas ikut organisasi dan belum tahu manfaatnya untuk kedepan. Oleh karena itu di masa mahasiswa ini saya ingin bisa ikut berpartisipasi aktif dalam suatu organisasi sehingga saya memiliki pengalaman dan mengalami proses pendewasaan didalamnya. Dalam kegiatan kegiatan seperti LKMM Pra TD ini pun saya semangat dan saya memotivasi diri saya untuk aktif karena saya yakin banyak hal hal yang bermanfaat bagi saya di masa mendatang nanti.

2 comments:

  1. wehh.. sip tulisannya..

    jadi lebih tahu tentang kamu lewat tulisanmu ini dzukri...

    VIVAT SI !!!

    ReplyDelete