Tuesday, November 22, 2011

Kisah Maskot SEA Games 2011

            SEA Games adalah sebuah pesta olahraga terbesar antar negara negara ASEAN. SEA Games diselenggarakan tiap dua tahun sekali. Kebetulan di tahun 2011 ini Sea Games dilaksanakan di negara kita tercinta yaitu Indonesia. Dua kota yang mendapat kehormatan menyelenggarakan Sea Games adalah Jakarta dan Palembang
     
           Di dalam sebuah penyelenggaraan pesta olahraga pasti ada sebuah maskot yang menjadi ciri khas acara tersebut. Maskot yang dipilih biasanya merupakan ciri khas dari tempat penyelenggara. Maskot merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam suatu acara. Maskot menjadi sebuah identitas dan juga menjadi semacam sebuah penghibur di dalam sebuah acara. Di dalam penyerahan medali juga diberikan boneka berbentuk maskot sebagai kenang kenangan bagi atlit bahwa ia pernah berpartisipasi dalam pentas olahraga tingkat internasional.

        Di dalam Sea Games 2011 ini, maskotnya bernama Modo dan Modi. Modo dan Modi adalah maskot yang berbentuk sepasang komodo. Kenapa komodo? mungkin karena komodo merupakan hewan langka yang hanya ada di Indonesia dan menjadi suatu ciri khas sehingga dipilihlah komodo. Komodo juga dipilih agar bisa menyadarkan masyarakat agar menjaga komodo dari kepunahan. Mungkin juga dipilih komodo dalam rangka mempromosikan komodo dalam rangka pemilihan New7Wonders of Nature.
Modo dan Modi

        Modo berbentuk komodo jantan yang menggunakan pakaian tradisional Indonesia berwarna biru serta menggunakan selendang bermotif batik. Modo berasal dari kata modo dan pemuda. Sedangkan Modi berbentuk komodo betina yang menggunakan kebaya berwarna merah serta sarung dan selendang bermotif batik. Sama seperti Modo, Modi berasal dari kata komodo dan pemudi. Dari asal katanya yaitu pemuda dan pemudi, Modo dan Modi dianggap mewakili sifat pekerja keras, jujur, adil, bersahabat dan sportif.

        Semoga sifat sifat yang dianggap mewakili Modo dan Modi ini bisa dilaksanakan oleh para atlet yang berlaga di Sea Games sehingga Sea Games bisa berjalan lancar dan sportif. Dan sebagai masyarakat Indonesia saya juga berharap Indonesia bisa menjadi jaura umum di ajang ini.

Sumber gambar : Wikipedia.org

No comments:

Post a Comment