Sunday, November 27, 2011

Sekilas Tentang Jembatan Kutai Kartanegara

       Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Jembatan ini dibangun dari mulai tahun 1995 dan baru selesai pada tahun 2001. Pembangunan jembatan ini cukup lama karena sempat terhenti akibat krisis moneter yang melanda Indonesia di tahun 1998. Jembatan ini menghubungkan antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke kota Samarinda. Jembatan ini cukup besar peranannya karena mempermudah akses antara Kota Tenggarong dengan Kota Samarinda. Jembatan Kutai Kartanegara ini juga dibangun sebagai simbol kemakmuran dari kabupaten Kutai Kartanegara. Jembatan megah ini dibangun dengan biaya mencapai 150 miliar rupiah yang diambil dari APBN dan APBD. Jembatan ini kemudian didaulat menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia dengan panjangnya yang mencapai 710 meter.
 

      Sebenarnya jembatan ini bukanlah yang pertama ada di atas sungai Mahakam. Sudah ada jembatan Mahakam I yang menghubungkan antara Kota Samarinda dengan Samarinda Seberang. Jembatan ini pun memiliki sebutan jembatan Mahakam II. Jembatan ini juga memiliki julukan sebagai Golden Gate Kalimantan karena memiliki konstruksi dan bentuk yang hampir sama dengan jembatan Golden Gate di San Fransisco Amerika Serikat yang terkenal itu.
  
      Namun sayang bukti kemegahan kabupaten Kutai Kartanegara tersebut sudahlah hilang. Jembatan Golden Gate Kalimantan kebanggaan masyarakat setempat tersebut roboh. Peristiwa yang terjadi pada 26 November 2011 tersebut menyebabkan empat orang tewas dan puluhan lainnya luka luka. Peristiwa tersebut terjadi saat jembatan sedang diperbaiki dan sempat membuat heboh masyarakat Indonesia karena terjadi secara mendadak. Masih belum diketahui secara pasti apa penyebab keruntuhannya. Semoga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi di Indonesia. Saya kira dibutuhkan pengawasan dan perhatian yang lebih baik dari pemerintah terhadap fasilitas umum sehingga tidak ada lagi kejadian seperti ini.
 
 
Sumber Gambar: Wikipedia.com

No comments:

Post a Comment