Monday, November 7, 2011

Keindahan Bahari Pulau Komodo

           Saat ini sedang ramai dibahas di media massa tentang kontroversi pencalonan pulau Komodo sebagai tujuh keajaiban dunia yang baru. Kontroversi dimulai dari perselisihan pemerintah dengan yayasan New7Wonders sampai dugaan terjadinya penipuan yang dilakukan oleh yayasan New7Wonders. Daripada pusing membahas hal tersebut lebih baik saya membahas tentang keindahan bahari dari Pulau Komodo
            
              Pulau Komodo merupakan pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau ini berdekatan dengan pulau pulau eksotis lainnya seperti Pulau Moyo, Pulau Satonda, dan Pulau Rinca. Untuk mencapainya bisa menggunakan pesawat kecil dan turun di Komodo Airrport ataupun perahu dari Lombok. Pulau ini dinamakan Pulau Komodo karena di pulau ini terdapat sebuah binatang langka yaitu Komodo. Di seluruh dunia habitat asli hewan ini hanyalah di Pulau Komodo. Komodo adalah jenis kadal yang terbesar di dunia. Hewan ini adalah seorang predator ganas yang memakan daging atau bangkai. Fatal akibatnya jika manusia terkena gigitan komodo karena di dalam mulutnya terdapat puluhan bakteri sehingga bisa mengakibatkan infeksi bahkan kematian.

Kadal Terbesar Di Dunia
             Keindahan Pulau Komodo bukan hanya pada keeksotisan komodonya saja tapi juga keindahan wisata baharinya. Laut di Taman Nasional Komodo merupakan salah satu tempat menyelam yang paling indah dan beragam di dunia. Laut di Pulau Komodo ini merupakan habitat dari kurang lebih 1000 jenis ikan dan  250 terumbu karang. Terumbu karang disini merupakan kombinasi dari karang keras dan lembut dan memiliki beraneka macam warna. Jenis ikan yang ada disini juga beraneka macam dari mulai ikan kecil penghuni terumbu karang sampai ikan besar seperti hiu paus dan hiu karang.
 

            Salah satu keunikan lainnya adalah adanya pantai pink atau lebih dikenal sebagai Pink Beach. Pantai ini dinamai Pink beach karena memang pasirnya yang berwarna merah muda. Pasirnya yang berwarna merah muda berasal dari pecahan karang merah yang mati. Pantai ini dikelilingi laut biru dan pemandangan bawah lautnya yang indah. Pantai pink ini juga merupakan salah satu titik snorkeling terbaik yang ada di Pulau Komodo. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan air yang jernih sehingga aman untuk bermain disana. Pantai ini juga dijuluki Pantai Merah Delima oleh penduduk setempat.


Pink Beach
            Sayangnya keindahan ini lebih banyak dinikmati oleh turis turis mancanegara karena mungkin harganya yang cukup mahal dan juga promosi di dalam negeri yang masih sedikit. Semoga keindahan bahari Pulau Komodo ini tetap awet sehingga anak cucu kita juga bisa menikmatinya. Sayang kan kalo keindahan dan kekayaan negeri kita ini rusak dan hilang begitu saja





Sumber gambar : www.hackingfamily.com , www.kaskus.us

No comments:

Post a Comment