Monday, November 7, 2011

Fasilitas dan Hal Unik di Sistem Informasi ITS

   Setelah menjelaskan tentang banyak hal di blog saya ini, tidak afdol kalau saya belum membahas tentang jurusan tempat saya menuntut ilmu saat ini. Makanya sekarang saya akan membahas tentang jurusan sistem informasi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
 
            Jurusan sistem informasi ini merupakan salah satu jurusan yang termuda yang ada di ITS. Jurusan ini baru didirikan pada awal tahun akademik 2001-2002. Meskipun masih muda prestasi dan perkembangannya belum tentu sedikit juga lho. Sudah banyak prestasi prestasi yang didapat mahasiswanya dalam lingkup nasional juga internasional. Perkembangannya juga sangat pesat dan jurusan sistem informasi ini sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat luas. Di postingan kali ini, saya tidak akan membahas tentang sejarah ataupun perkembangan jurusan ini, saya akan lebih membahas tentang fasilitas dan hal hal unik yang hanya ada di jurusan sistem informasi ITS.
 
            Jurusan sistem informasi ini menempati gedung teknik informatika yang lama. Gedung ini terletak di antara gedung jurusan teknik industri dengan gedung D3 FTI. Sehingga tidak jarang mahasiswanya melakukan interaksi tidak hanya dengan sesama mahasiswa sistem informasi saja tapi juga dengan mahasiswa jurusan tetangga. Di jurusan sistem informasi ada beberapa tempat yang menjadi tempat favorit untuk berkumpul bagi mahasiswanya tempat tempat tersebut adalah plaza, plaza garden, gazebo, dan kantin. Semuanya ditata secara baik dan membuat para mahasiswa betah. Di plaza garden ada tenda tenda yang bisa digunakan untuk sekedar mengobrol atau mengerjakan tugas. Suasananya yang hijau sedap dipandang mata sehingga menghilangkan suntuk setelah belajar algoritma dan lain lain. Begitu juga di plaza, tempatnya bersih dan tempat sampah banyak tersedia. Ada juga foto foto mahasiswanya yang bergaya bersama tokoh panutannya sehingga menjadi motivasi tersendiri bagi yang melihatnya.


Plaza SI
Plaza Garden SI








  

                Ruangan lain seperti ruang kelas, mushola, ruang dosen, tata usaha, dan ruang sidang juga terawat dengan sangat baik. Jurusan sistem informasi juga memiliki empat laboratorium yaitu LPSI, PPSI, E business, dan SPK. Keempat laboratorium tersebut dipakai untuk kuliah praktek ataupun untuk mengerjakan tugas akhir. Namun ada beberapa kekurangan yang saya temui pada fasilitasnya seperti kamar mandi yang masih kurang bersih dan berantakan. Di area tempat parkir juga terdapat banyak paving block yang rusak dan mempersulit mahasiswanya untuk parkir dan bisa berbahaya ketika lewat di malam hari. Saat malam hari juga menurut saya penerangan di gazebo dan mushola masih kurang.


Kondisi Kamar Mandi
Tempat Parkir
               










            Beralih ke hal lain, di jurusan sistem informasi ini ada kegiatan yang unik. Salah satu kegiatan di ITS yang saya kira hanya ada di jurusan sistem informasi adalah senam pagi. Pada hari Jum’at pagi para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ketrampilan internasional disarankan mengikuti senam pagi. Kehadiran dalam senam pagi ini masuk ke dalam penilaian dalam mata kuliah ketrampilan interpersonal. Meski begitu mahasiswanya tidak melakukan secara terpaksa malah ada mahasiswa yang sudah tidak mengambil mata kuliah KI tetap mengikuti senam ini karena merasakan manfaatnya. Di jurusan sistem informasi ini ada juga mata kuliah yang saya rasa aneh namun seru. Mata kuliah itu adalah ketrampilan interpersonal. Di mata kuliah ini mahasiswanya belajar dengan cara bermain di luar kelas. Tentu saja tidak sekedar bermain, disini para mahasiswanya harus bisa mengambil manfaat dari permainan tersebut dan juga mahasiswanya harus memiliki softskill yang baik.

Senam Pagi


Mata Kuliah Ketrampilan Interpersonal










           Begitulah sekilas tentang fasilitas dan hal unik yang ada di jurusan sistem informasi ITS. Meskipun masih ada kekurangan di fasilitasnya tapi tetap saja masih banyak kelebihannya menurut saya. Semoga jurusan saya ini bisa terus berkembang dan memperbaiki kekurangan kekurangan yang ada. Vivat SI!!


Sumber gambar : koleksi pribadi

1 comment:

  1. perlu diupdate,sekarang fasilitasnya ketambahan pujasera :)

    ReplyDelete