Monday, November 14, 2011

Apa Itu SAP dan Kegunaannya

             Pada hari Sabtu kemarin saya mengikuti sebuah seminar yang diadakan oleh jurusan saya. Seminar tersebut membahas tentang SAP for education dan mengundang narasumber seorang ahli di bidang SAP. Di seminar tersebut, saya mendapat beberapa pengertian tentang SAP dan masih banyak hal lagi tentang SAP yang saya menjadi tahu setelah mengikuti seminar tersebut. Di blog saya ini, saya akan mencoba berbagi tentang apa itu SAP dan apa kegunaan SAP.

   SAP merupakan singkatan dari System Application and Product in Data Processing. SAP  merupakan pemain terbesar di dunia dan di Indonesia dalam persaingan software ERP (Enterprise Resource Planning). Yang dimaksud ERP adalah suatu alat di bidang IT dan manajemen yang bertujuan untuk membantu sebuah perusahaan  merencanakan dan menjalankan bisnisnya secara efektif dan efisien. Pemain di bidang ERP bukan hanya SAP saja tapi ada juga Microsoft Dynamics, Oracle Business Suite, JDEdwards, Mincom, dan BaaN. Software ERP juga ada yang open source seperti openbravo, Compiere, dan openERP.
 
          SAP didirikan di Jerman pada tahun 1972 oleh empat orang mantan karyawan IBM. Pada awalnya mereka bertujuan untuk membuat software yang bisa mengatur kinerja perusahaan secara keseluruhan secara efektif dan efisien.

Para Penemu SAP
     Produk SAP yang pertama adalah software financial accounting R/1. SAP terus berkembang dan sekarang mempunyai banyak modul yang mempunyai tugasnya sendiri sendiri. Modul modul tersebut masih terus berkembang sesuai kebutuhan dan tuntutan zaman. Disini, saya hanya akan menjelaskan beberapa modul saja.



  • Modul yang pertama adalah Sales and Distribution disingkat SD. Modul ini digunakan untuk membantu menjalankan proses penjualan dan distribusi. 
  • Modul yang kedua adalah Materials Management disingkat MM. Modul ini digunakan untuk menjalankan proses pembelian modal dan pengelolaan gudang.
  • Modul yang ketiga adalah Production Planning disingkat PP. Modul ini digunakan untuk membantu mengontrol kegiatan produksi dan perencanaannya.
  • Modul yang keempat adalah Financial Accounting disingkat FP. Modul ini digunakan untuk pencatatan dan laporan finansial suatu perusahaan
  • Modul yang terakhir adalah Controlling disingkat CO. Modul ini digunakan untuk mengontrol keuangan dan menganalisa keuntungan.
 
Gambar Dari Aplikasi SAP
       Dengan menggunakan SAP, sebuah perusahaan bisa mengintegrasikan kerja perusahaannya dalam satu sistem. Tidak seperti biasanya yang berintegrasi per departemen saja. Proses bisnis bisa terjadi lebih cepat tanpa terjadinya kesalahan informasi yang terjadi akibat salah koordinasi. SAP pun bisa membuat pengaturan dan pengawasan di dalam perusahaan lebih mudah karena semua sistem berintegrasi menjadi satu. Keuntungan lain dari penggunaaan SAP adalah peningkatan kualitas dari informasi sehingga pengambilan keputusan lebih cepat dan juga efektif.

            Namun penggunaan SAP di sebuah perusahaan tidaklah murah dan mudah. Sebuah perusahaan harus terlebih dahulu membeli lisensi SAP yang harganya tidaklah murah. Perusahaan juga harus merekrut seseorang yang bisa dalam mengoperasikan SAP dan itu tidaklah murah. Seseorang harus membayar cukup mahal untuk bisa mengikuti training modul modul di dalam SAP. Sertifikasinya juga tidaklah mudah dan murah sehingga ahli di bidang SAP sangatlah terbatas. Banyak perusahaan yang gagal dalam menerapkan SAP karena masalah masalah tersebut.


Sumber gambar : http://www.binuscenter.com, http://www.download.oracle.com

No comments:

Post a Comment