Wednesday, October 19, 2011

Teladan Dari Steve Jobs

       Steve Jobs?  ya siapa yang tidak kenal dia. Dia adalah pendiri dan pemimpin dari perusahaan Apple yang fenomenal. Menurut saya, Steve Jobs adalah seorang penemu dan businessman yang ulung. Hasil karyanya telah banyak digunakan dan dinikmati oleh banyak orang. Karyanya yang inovatif juga telah banyak mengundang pujian dan apresiasi. Sayang sekali beliau telah meninggal dunia pada tanggal 5 Oktober 2011 kemarin akibat komplikasi kanker pankreas yang dideritanya.
 
      Kesuksesan yang didapat Steve Jobs tidaklah mudah karena pada mudanya Steve Jobs bukan terlahir pada keluarga yang kaya raya sehingga ketika kuliah di Reed College ia pun hidup sederhana dan kadang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun Steve Jobs tidaklah menyerah dalam keadaan, ia terus melakukan pekerjaan apapun tanpa mengeluh dan tetap berusaha untuk bisa lulus dari kuliahnya.

Steve Jobs Muda

      Steve Jobs juga merupakan orang yang pandai, tidak hanya pandai dalam ilmu namun juga pandai secara sosial. Pada awal didirikannya Apple, ia mampu merekrut banyak pegawai pegawai cerdas kedalam perusahaannya. Ketika itu ia ingin merekrut John Sculley dari Pepsi Cola untuk menjadi CEO Apple, namun karena perusahaannya masih baru John Sculley pun terlihat ragu ragu namun Steve Jobs pun membujuknya dengan kata "Apakah kau mau berjualan air gula sepanjang hidupmu atau kau mau bekerja bersamaku dan merubah dunia?" John Sculley pun tertarik dan akhirnya bekerja bersama Steve Jobs di Apple. Itulah salah satu contoh kejeniusan Steve Jobs dalam merekrut dan membujuk seseorang agar ia bekerja di perusahaannya.


     Steve Jobs juga pernah dikeluarkan dari Apple, perusahaan buatan ia sendiri. Ia dikeluarkan karena dianggap berbahaya akibat ia memiliki banyak mimpi yang harus diwujudkan sehingga selalu mengeluarkan produk baru dan tidak fokus dalam penjualan barangnya. Steve Jobs yang dikeluarkan dari perusahaannya sendiri pun tidak menyerah begitu saja. Ia pun mendirikan NeXT Computer yang kemudian di NeXT computer tersebut ia kembali memasarkan komputer pribadi buatannya. Ia pun membeli The Graphics Group (Pixar) sebuah perusahaan pengembang perangkat keras grafis. Perusahaan ini bekerja sama dengan Disney untuk membuat film yang menggunakan animasi komputer dan sukses membuat banyak film salah satunya Toy Story yang banyak mendapat pujian.
 
     Apple yang ditinggal oleh Steve Jobs ternyata tidak mampu menghadapi persaingan sehingga jatuh dan mengalami masa kelam. Produknya tidak laku di pasaran dan memiliki banyak hutang. Apple pun kemudian membeli NeXT Computer sehingga Steve Jobs pun kembali menjadi bagian dari perusahaan Apple. Steve Jobs yang inovatif pun berhasil meluncurkan banyak produk baru yang menarik perhatian masyarakat dunia seperti iMac, iPod, iPad, iTunes, dan masih banyak lagi. Apple kembali mendapat banyak keuntungan dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia sampai saat ini.

Produk Produk Apple

      Begitulah sedikit kisah hidup dari seorang Steve Jobs. salah satu yang bisa kita teladani adalah bermimpilah. Karena dengan bermimpi kita memiliki motivasi dalam mencapai suatu tujuan sehingga kita akan berusaha dengan keras untuk mencapai tujuan tersebut. Semoga banyak muncul Steve Jobs baru di dunia terutama di Indonesia. Karena masih banyak orang Indonesia yang kurang memiliki mimpi dan hanya pasrah pada kehidupannya yang begitu-gitu saja.


"Dream it and then do it"

Sumber gambar : www.google.com , www.wikipedia.com

No comments:

Post a Comment