Tuesday, November 29, 2011

PATRIOT!

         Wah apa itu PATRIOT? pasti pembaca blog ini sedikit mengeryintkan dahi. PATRIOT adalah tema dari LKMM Pra Td FTif ke 4 tahun 2011. Disini saya akan mencoba menjelaskan apa itu PATRIOT dan mengapa setiap mahasiswa harus memiliki sifat PATRIOT. Tulisan ini berdasarkan esai yang saya buat kemarin.
         
         Tema LKMM Pra Td FTif ke 4 tahun 2011 adalah PATRIOT. PATRIOT adalah singkatan dari prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner, dan tanggung jawab. Keenam sifat tersebut merupakan sifat yang harus dimiliki oleh mahasiswa khususnya mahasiswa FTif. Prestatif bisa memiliki arti sifat yang ingin selalu mencetak dan memiliki prestasi. Sifat ini tentu harus dimiliki setiap mahasiswa. Kita tidak ingin masa mahasiswa ini terlewati begitu saja tanpa adanya kenangan dari prestasi yang kita raih. Banyak sekali kesempatan yang ada untuk memiliki prestasi dan semua itu tergantung kita sendiri apakah kita mau atau tidak. Setelah memiliki sebuah prestasi, mahasiswa yang prestatif tentu tidak akan berhenti mencetak prestasi. Ia akan terus mencari kesempatan yang ada dan berusaha sungguh sungguh untuk bisa mencetak prestasi di kesempatan tersebut. Seseorang yang tidak memiliki sifat prestatif tidak akan punya prestasi yang banyak didalam hidupnya karena ia sudah cukup puas dengan prestasinya dan tidak punya niat untuk berkembang. 
  
         Aktif memiliki pengertian giat dan selalu berpartisipasi di dalam suatu kegiatan. Aktif juga bisa berarti lebih banyak memberikan sesuatu dibandingkan mendapatkan sesuatu. Sifat aktif haruslah dimiliki oleh setiap orang terlebih lagi bagi mahasiswa. Peran mahasiswa sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat sangat membutuhkan sifat aktif. Mahasiswa yang tidak aktif tentu tidak tahu apa saja masalah yang sedang terjadi antara masyarakat dan pemerintah. Mahasiswa yang aktif akan memiliki sifat ingin tahu dan selalu memiliki pertanyaan di pikirannya. Mahasiswa tersebut akan selalu bertanya dan ikut berpartisipasi dalam suatu forum atau kegiatan lain. Mahasiswa yang aktif juga biasanya banyak berbicara tetapi omongannya berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan olehnya. Akibat dari ketidakaktifan, seorang mahasiswa bisa saja terkucil dari pergaulan karena dianggap teman temannya tidak menarik dan tidak memiliki motivasi dalam melakukan segala sesuatu. Akibat lain dari ketidaktifan adalah tidak tersalurnya ide, contohnya seorang mahasiswa memiliki ide atau opini yang bagus akan tetapi dia orang yang tidak aktif sehingga idenya pun tidak pernah tersalurkan dan terbengkalai begitu saja. Prestasi juga bisa didapat hanya oleh orang yang aktif. Seseorang yang aktif pasti akan mencari ajang ajang apa yang bisa ia ikuti dan dari situ ia akan mendapat prestasi yang bisa membanggakan dirinya maupun orang lain. Sikap aktif tidak bisa begitu saja dimiliki seseorang dibutuhkan banyak latihan sehingga sifat aktif bisa menjadi sebuah kebiasaan dan bisa diimplementasikan setiap saat. Tanggap adalah sifat yang peduli dengan lingkungan sekitar. Mahasiswa ideal pasti memiliki sifat tanggap. Mahasiswa harus bisa tanggap dan peduli pada setiap masalah yang ada di lingkungan sekitarnya. Mereka juga harus bisa mencari jalan keluar yang terbaik dari masalah tersebut. Mahasiswa yang tanggap bisa menjadi seorang pelopor dan dihormati oleh masyarakat sekitar sehingga terpenuhilah kewajiban mahasiswa tersebut. Mahasiswa yang tidak tanggap akan dikucilkan dalam lingkungannya karena dianggap tidak peduli ia juga hanya akan berguna bagi dirinya sendiri saja bukan bagi orang lain. Prestasi yang dimiliki oleh orang bersifat tanggap juga pasti akan lebih banyak dibandingkan yang tidak tanggap.
    
       Seorang mahasiswa yang kritis akan selalu mempunyai pertanyaan tentang apa yang terjadi maupun perubahan yang terjadi. Hampir sama dengan aktif, mahasiswa yang kritis juga banyak berbicara namun bisa dipertanggungjawabkan olehnya. Mahasiswa yang kritis bisa menjadi seorang pemecah masalah yang sering terjadi di masyarakat sehingga keberadaannya dibutuhkan. Di dalam organisasi juga dibutuhkan seseorang yang kritis agar organisasi tersebut bisa terus berkembang dan tidak hanya jalan di tempat. Seseorang yang kritis pasti juga memiliki kecerdasan dan kecerdikan diatas rata rata karena ia bisa menemukan masalah masalah yang terjadi di lingkungannya. Visioner bisa berarti memiliki visi diri yang jelas. Seseorang yang memiliki sifat visioner tahu tujuan hidupnya kemana dan mau apa sehingga apa yang dilakukannya jelas dan tidak banyak melakukan hal yang sia sia. Orang yang visioner juga memiliki motivasi dalam melakukan sesuatu yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Mahasiswa ideal juga harus memiliki sifat visioner ini sehingga apa saja yang dilakukannya jelas dan memiliki tujuan pasti. Di dalam berbuat juga mahasiswa visioner pasti akan memikirkan apa saja akibat jika mereka melakukan hal tersebut sehingga tidak akan terjerumus ke dalam hal hal terlarang. Mahasiswa yang tidak memiliki sifat visioner akan banyak melakukan hal tidak penting karena tidak punya tujuan di hidupnya. Mereka juga bisa terjerumus ke hal yang terlarang karena tidak memikirkan akibat dari apa yang mereka lakukan. Sifa terakhir yang harus dimiliki mahasiswa adalah tanggung jawab. Tanggung jawab bisa berarti mau menerima akibat dari yang ia perbuat. Mahasiswa tentu harus memiliki sifat ini karena merupakan proses akhir dari semua sifat PATRIOT. Mahasiswa harus mau mempertanggungjawabkan dan mau menerima akibat dari yang segala yang mereka lakukan. Mahasiswa yang tidak bertanggung jawab akan menjadi mahasiswa yang gagal dan biasanya akan jadi orang gagal kedepannya. Seorang manusia belum bisa dibilang dewasa jika belum bisa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. 
   
         Semua sifat PATRIOT tersebut saling berhubungan dan tidak lengkap seorang mahasiswa ideal tanpa memiliki semuanya karena seorang mahasiswa yang baik harus mempunyai keinginan, mau melakukan, melihat akibat,dan bertanggung jawab terhadap apa yang ia lakukan.

No comments:

Post a Comment